STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS MELALUI MEDIA BROSUR TERHADAP PENINGKATAN NASABAH (Study Kasus Pada Bank Syariah Indonesia KCP Majalengka Jatiwangi)

  • Rosdita Indah Yuniawati Institut Pesantren Babakan Cirebon, Indonesia
  • Iroh Rohayati Institut Pesantren Babakan Cirebon, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yaitu hanya semata-semata melukiskan keadaan atau peristiwa tanpa untuk mengambil suatu kesimpulan-kesimpulan yang berlaku secara umum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, persepsi nasabah terhadap pembiayaan gadai emas mendapat respon yang positif bagi nasabah, karena pelayanan yang diberikan oleh bank syariah yaitu pelayanan yang baik dan sesuai harapan dan kebutuhan nasabah, memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi karena persyaratan, prosedur, dan mekanismenya yang mudah dan perlakuan/ sikap karyawan terhadap nasabah terkesan ramah dan sopan dalam melayani. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap pembiayaan gadai emas yaitu ada 3 faktor yaitu faktor sosial yang di pengaruhi oleh keluarga dan peran sosial, yang menjadikan sebuah referensi nasabah dalam mengetahui informasi di bank syariah, faktor pribadi yang dipengaruhi oleh kondisi perekonomian dan pekerjaan, perekonomian nasabah yang terkadang mendesak, kemudian dari pekerjaan terkadang memerlukan modal dan itu bertujuan guna mensejahterakan kehidupan perkonomian, dan faktor psikolog yang dipengaruhi oleh persepsi nasabah.

Kata Kunci: Minat, Gadai emas, Bank Syariah Indonesia

Published
2024-06-01
Section
Articles