PERANAN APLIKASI BRANCHLESS BANKING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN DI KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA KANTOR CABANG CIREBON SUMBER

  • Hida Fatimah Alindri Institut Pesantren Babakan Cirebon, Indonesia
  • Siti Ma’unatul Maula Institut Pesantren Babakan Cirebon, Indonesia
  • Fitriani Fitriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, Indonesia

Abstract

Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisis suatu permasalahan yang ditemukan. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pengamatan, observasi dan wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi, buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis peranan dari Aplikasi Branchless Banking dalam kantor serta peranan aplikasi tersebut dalam meningkatkan kualitas pelayanan nasabah pada produk tabungan dan pengoptimalisasian kualitas layanan setelah adanya Aplikasi Branchless Banking tersebut di KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera Kantor Cabang Cirebon Sumber. Hasil penelitian ini Aplikasi Branchless Banking diterapkan pada tahun 2021 yang merupakan suatu sistem layanan yang berbasis online. Aplikasi khusus yang untuk digunakan oleh Marketing/AO dalam menjalankan tugasnya diluar kantor dan untuk melakukan transaksi bersama nasabah. Aplikasi ini hanya bisa untuk setoran tabungan ataupun simpanan serta pembayaran angsuran. Adanya penerapan Aplikasi ini memudahkan para karyawan dalam melaksanakan tugasnya serta nasabah yang tidak perlu datang ke kantor. Hal ini juga dapat meningkatkan layanan, kepercayaan nasabah, lebih nyaman dan mudah. Untuk kedepannya akan ada penerapan BMT Mobile Banking untuk nasabah supaya lebih mengetahui dengan detail transaksi pemasukan maupun pengeluaran yang dilakukan. Selain itu, dilengkapi fitur yang bisa transaksi untuk kebutuhan nasabah. Berdasarkan hasil analisis dan kesimpulan pada pembahasan, maka penulisan mengajukan saran sebagai berikut : Perlu adanya pengembangan jaringan internet agar transaksi tetap stabil ketika sedang banyaknya setoran yang masuk dan dengan adanya inovasi baru yang akan diterapkan perlu adanya strategi agar para nasabah mengetahui bagaimana sistem tersebut dijalankan dengan dan tetap mempertahankan kualitas pelayanan dan kepercayaan nasabah.

Kata Kunci : Branchless Banking, Kualitas Layanan, Produk Tabungan.

Published
2024-06-01
Section
Articles