SISTEMATIKA LEKSIKON ARAB, MEMAHAMI TEORI PENYUSUNAN MU’JAM DAN PENGGUNAAN KAMUS BAHASA ARAB

  • Syarif Muhammad Yahya STAIMA CIREBON

Abstract

Bahasa Arab memiliki peran utama bagi perkembangan dunia pendidikan khususnya Islam, dan telah menjadi sebuah urgensi bagi kalangan masyarakat muslim dunia khususnya para pelajar yang berasal dari luar Arab agar tidak terjadi missunderstanding dalam memahami struktur teks Arab. Berangkat dari pentingnya memahami bahasa Arab yang  masih orisinal dan manfaatnya bagi kalangan pelajar, maka penulis akan  menganalisa beberapa metode-metode yang digunakan oleh pakar lughoh, dalam hal ini adalah ulama-ulama pencetus metode penyusunan kamus atau dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah mu’jam. Metode penelitian yang  digunakan kualitatif dengan mengunakan analisis induktif-deduktif dalam menjabarkan sebuah permasalahan terbentuknya sebuah kata dalam kamus bahasa arab dengan mengunakan penelusuran studi pustaka dalam terbentuknya sebuah kata-kata dalam bahasa arab. Hasil penelitian bahwa Kreatifitas ulama lughoh di era awal pembentukan mu’jam sangat berpengaruh dalam perkemmbangan metode-metode  penyusunan sebuah mu’jam, dari yang menggunakan metode biasa dengan peruntutan huruf alphabet sampai metode bunyi suara.  Penggunaan cara-cara  yang sistematis dan simpel lebih diterima oleh masarakat, sehinngga sampai saat ini mayoritas mu’jam menggunakan metode alfabet dimana setiap kata mudah dicari hanya dengan meruntutkan huruf hijaiyyah. Seperti yang diterapkan pada kamus assihah dan almunjid.

kata kunci:  teks arab ,mujam,

Published
2024-01-26
How to Cite
Yahya, S. (2024). SISTEMATIKA LEKSIKON ARAB, MEMAHAMI TEORI PENYUSUNAN MU’JAM DAN PENGGUNAAN KAMUS BAHASA ARAB. MASILE, 4(2), 107-121. https://doi.org/10.1213/masile.v5iNo 2.86