PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V

  • Linda Fahira STAI Sabili Bandung
  • Annisa Mayasari
  • Johan Rozak
  • Deden Purbaya

Abstract

Abstrak
Tipe penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Penelitian ini masih terdapat masalah berupa
hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya
penggunaan media pembelajaran oleh guru IPA dalam pembelajaran terutama pada materi yang
sifatnya sangat membutuhkan media untuk menjelaskan materi. Oleh sebab itu, guna
menunjang hasil belajar dalam Ilmu Pengetahuan Alam, dengan demikian perlu dilakukan
penelitian terkait dengan penggunaan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
pengetahuan terdapat tidaknya pengaruh pemakaian alat peraga muatan pelajaran IPA pada
materi sistem pencernaan manusia siswa kelas V. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan data
meliputi observasi dan tes. Bersumber pada informasi hasil uji paired sample t-test, dengan
jumlah populasi 27 dari pretest dan posttest bisa dilihat ada perbandingan yang signifikan. Ratarata hasil pretest belajar siswa diperoleh 52,96. Setelah diberi treatment alat peraga torso ratarata hasil belajar siswa menjadi 75,37. Dari hasil analisis dalam penelitian ini, dapat
disimpulkan bahwa penggunaan media torso dapat memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Alat peraga,Torso, IPA, Hasil belajar

Published
2024-05-14
How to Cite
Fahira, L., Mayasari, A., Rozak, J., & Purbaya, D. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS V. MASILE, 3(2), 1-11. https://doi.org/10.1213/masile.v3i2.91
Section
EDITORIAL POLICIES