KOMPONEN PEMBELAJARAN (KONDISI, PROSEDUR DAN HASIL PEMBELAJARAN)
Abstract
Abstrak
Komponen pembelajaran meliputi kondisi pembelajaran, prosedurpembelajaran dan hasil pembelajaran. ketiga komponen di atas diharapkan akanmewujudkan tercapainya tujuan pembelajaran yang mengarah kepada tujuan pendidikan. Objek dan subjek yang menjadi tumpuan dalam pembelajaran adalah
peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan studi library yaitu pengumpulan data melalui naskah-naskah teori yang digagas oleh para ahli Pendidikan. Hasil penelitian ialah pertama, Pembelajaran perlu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan. Kedua, prosedur pembelajaran merupakan kombinasi yang tertata meliputi segala unsur manusiawi, perlengkapan, fasilitas, yang saling mempengaruhi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ketiga Hasil pembelajaran adalah sebagai terjadinya perubahan tingkah laku pada diri seseorang yang
belajar yang dapat diamati dan diukur bentuk pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
Kata Kunci: Komponen, Pembelajaran
Abstract
Learning components include learning conditions, learning procedures and learning outcomes. It is hoped that the three components above will realize the achievement of learning objectives that lead to educational goals. The objects and subjects that are the focus of learning are students. The research method used is a
library study approach, namely collecting data through theoretical texts initiated by education experts. The results of the research are first, learning needs to empower all students' potential to master the expected competencies. Second, learning procedures are an organized combination including all human elements,
equipment, facilities, which influence each other in achieving learning goals. Third, learning outcomes are changes in behavior in someone who is learning which can be observed and measured in the form of knowledge, skills and attitudes.
Keywords: learning, components







Masile Jurnal Studi Ilmu keislaman is